Pages

Senin, 20 April 2009

Mengais Dollar Dari Amazon ( bagian 1 )


Mendengar kata Amazon dalam dunia online, pikiran orang pasti akan langsung tertuju pada situs Toko Online terbesar Amazon.com. Padahal jauh sebelum Amazon.com dibentuk, nama Amazon telah dikenal selama berabad-abad sebagai sebuah sungai di Amerika selatan, tepatnya di negara Brazil. Dulu Amazon sangat dikenal karena ia merupakan sungai terpanjang kedua di dunia ( setelah sungai Nil di Mesir ), bahkan terbesar di dunia bila diukur dari debit airnya. Tapi sekarang di dunia online, mandengar kata Amazon, bukan sungai terbesar yang akan terpikir, melainkan Amazon yang merupakan Toko Online terbesar dan terlengkap. Sejak didirikan tahun 1994 lalu oleh Jeff Bezos, Amazon bukan saja telah memperkaya pemiliknya, tetapi juga telah menjadi ladang uang bagi orang-orang yang menjual produk-produknya.

Saya tertarik untuk bergabung di Amazon Associates kira-kira dua bulan lalu, ketika secara tidak sengaja membaca Artikel tentang kesuksesan seorang remaja Indonesia di Amazon. Remaja itu bernama Habibi Afsyah, di mana dengan segala keterbatasannya ( dia adalah seorang penyandang cacat ) dia telah berhasil menyita perhatian para Marketer Senior. Dalam satu bulan Habibi bisa memperoleh ribuan dollar dari Amazon.

Tapi saya baru mulai menekuni bisnis di Amazon baru pada awal bulan April ini, karena ternyata untuk menjual produk-produk Amazon ada langkah-langkah khusus yang harus dilakukan ( yang baru sempat saya cari-cari pada bulan April ini ). Berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftar di Amazon Associates;
Pertama, anda bisa mendaftar melalui Amazon.com, atau Amazon.co.uk, atau Amazon.ca, dengan mengklik Join Associates di halaman paling bawah, dan setelah masuk pada halaman Affiliate Program Amazon, klik Join Now For Free di sidebar kanan.

Kedua, setelah pendaftaran sukses, anda bisa memulai menjual produk-produk Amazon dengan beberapa macam cara ;
- Menjual per-item produk
- Menjual per-kategori produk
- Menjual secara keseluruhan produk

Ketiga, setelah menentukan produk mana yang akan anda pasarkan, persiapkan cara-cara untuk memasarkan produk tersebut, misal dengan membuat blog atau dengan memasang iklan di Classifieds ataupun situs-situs yang menawarkan jasa pemasangan iklan. Tapi sebagai catatan, mulai bulan April 2009 ini, Amazon tidak menerima (maksudnya tidak akan memberi komisi )pengunjung yang dikirim oleh refferal/Affiliates melalui situs Paid Search, misal pengunjung datang melalui iklan yang dipasang di Google Adwords, atau Yahoo, atau Paid Search lain. Ini berlaku untuk Affiliates yang mendaftar melalui Amazon.com dan Amazon.ca.

Sekarang saya akan memberikan contoh memasarkan satu produk Amazon. Pertama, masuk ke Amazon.com, lalu pilih produk yang akan dipasarkan. Misal anda tertarik untuk memasarkan Apple iPod touch 16 GB;

Sponsor link by Kumpulblogger :
Bisnis Online via Ponsel
Rahasia Tips Internet Marketing




Apple iPod touch 16 GB (2nd Generation)
Other products by Apple
863 Reviews
More about this product
Size Name:
new
List Price: $299.99
Price: $279.95 & this item ships for FREE with Super Saver Shipping. Details
You Save: $20.04 (7%)
Special Offers Available
In Stock.
Ships from and sold by Amazon.com. Gift-wrap available.

Setelah masuk pada halaman seperti di atas, carilah kode ASIN produk tersebut. Anda bisa menemukan kode ASIN di bagian bawah halaman tersebut di menu Product Details. Copy kode ASIN-nya, lalu masuklah ke Account Amazon Associates anda. Setelah masuk, klik Links & Banners di menu bagian atas, lalu klik Product Links. Di halaman Product Links, masukkan kode ASIN yang anda copy tadi di kolom search, lalu klik Go. Setelah muncul produk tadi ( Apple iPod touch 16 GB ), klik Get Link. Di halaman selanjutnya, pilihlah salah satu tytpe di menu Select Link Type. Ada 3 macam type di sana, yaitu Text & image, Text Only, atau Image Only. Setelah memilih, copy kode HTML di bawahnya lalu pasang, misal di blog anda. Anda juga bisa meng-copy alamatnya saja dengan cara meng-klik pilihan Text Only pada menu Select Link Type, lalu copy kode alamat produk tadi ( terdapat di dalam kode HTML ), tapi jangan di copy semuanya, copy alamatnya saja, seperti ini;

http://www.amazon.com/gp/product/B001FA1NZU?ie=UTF8&tag=( tracking ID anda )&linkCode=as2&camp=1789&creative=9325&creativeASIN=B001FA1NZU">Apple iPod touch 16 GB (2nd Generation).

Untuk memastikan bisa dicek terlebih dahulu dengan memasukkan alamat tersebut di browser Anda.
SEMOGA SUKSES.

Gambar diambil dari Businessweek.com dan Amazon.com

6 komentar:

  1. Mantap infonya. Ditunggu bagian 2 nya..

    BalasHapus
  2. Terima kasih. Ditunggu saja ya....

    BalasHapus
  3. Terima kasih infonya, saya sdh coba juga nih

    http://www.carspareparts.co.cc

    BalasHapus
  4. Dah tak coba tapi memang sangat sulit untuk memasarkannya.

    BalasHapus
  5. Infonya sangat membantu, saya masih kesulitan mencari kode ASIN-nya

    BalasHapus
  6. terima kasih gan infonya sangat membantu :D

    BalasHapus