Pages

Kamis, 25 Juni 2009

Cara Submit Google-Addurl


Sponsor link by Kumpulblogger :
Bisnis Online via Ponsel
Rahasia Tips Internet Marketing

Beberapa bulan yang lalu saat saya baru mulai belajar membuat blog, saya sempat kebingungan, bagaimanakah caranya agar blog saya bisa terindeks oleh Google, sehingga blog saya bisa 'ditemukan' oleh para peselancar di dunia internet. Karena tanpa terindeks oleh search engine, terutama Google, blog saya rasanya akan seperti berada di sebuah pulau kecil di tengah lautan yang tidak pernah dijangkau manusia.

Informasi pertama yang saya peroleh adalah kata AddUrl di Google. Saya coba buka www.google.com/addurl, lalu saya submit blog saya di sana. Setelah itu saya diminta verifikasi dengan menggunakan dua pilihan, yaitu Meta Tag atau HTML file. Langkah saya terhenti di sana, karena saya sama sekali belum tahu apa itu Meta Tag atau HTML. Saya coba mengutak-atik sampai berkali-kali hingga akhirnya ketemu juga cara verivikasi dengan menggunakan Meta Tag.

Caranya, copy Meta Tag yang berisi kode-kode seperti;

( < )META name="verify-v1"...="String_we_ask_for"( > )

lalu masukkan ( paste ) kode tadi di dalam kode-kode HTML blog Anda, dengan letak seperti contoh berikut ;

( < )HTML( > )
( < )HEAD( > )
( < )TITLE>Your Title )
( < )span style="font-weight:bold;">( < )META name="verify-v1"...="String_we_ask_for">
( < )/HEAD( > )
( < )BODY( > )


Setelah sukses verifikasi, beberapa hari kemudian secara tidak sengaja saya menemukan blog saya di hasil pencarian Google, dan lebih terkejutnya lagi, blog saya berada di urutan kedua di halaman pertama!!! Wow!!! Tapi sayangnya sampai saat ini saya masih belum menemukan jawaban mengapa blog saya berada di urutan teratas di hasil pencarian Google saat itu. Apa mungkin hanya faktor keberuntungan atau hanya kebetulan?

Tapi sebenarnya ada cara yang lebih mudah dan simple lagi untuk verifikasi di Google Add Url. Hanya saja cara ini hanya bisa untuk blog yang dibuat di Blogger.com. Caranya sebagai berikut ;

Masuk ke account Blogger Anda, lalu di bagian Dashboard, scroll ke bawah, lalu klik menu Webmaster Tools ( bagian paling bawah pada menu Tools and Resources ). Jika muncul pesan bahwa Anda tidak bisa masuk ke Webmaster Tools, berarti Anda harus mengaktifkan terlebih dahulu profile sharing Anda. Caranya dengan masuk ke Edit Profile lalu beri tanda centang pada share my profile kemudian klik Save Profile di bagian paling bawah. Setelah selesai Anda akan langsung masuk ke halaman Webmaster Tools. Pada halaman ini klik tombol warna biru bertuliskan Enable Webmaster Tools.

Bahkan dengan meng-klik tombol Enable Webmaster Tools tadi, Anda telah memverifikasi semua blog yang terdapat di akun Google Anda.

Sedangkan untuk menempatkan blog Anda di di rangking teratas Google, atau setidaknya di halaman pertama hasil pencarian Google, itu adalah tugas SEO. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini saya bisa posting tentang SEO.

Baca juga yang ini;
Social Network ala Google

1 komentar:

  1. terima kasih infonya,,saya baru belajar ngeblog,,jadi menurut saya informasi ini sangat bermanfaat,,
    salam

    BalasHapus