Pages

Senin, 10 Januari 2011

Berbisnis di Ebay dengan cara Dropshipping

Saat ini Ebay merupakan salah satu 'pasar' online terbesar di dunia. Sebagaimana layaknya sebuah pasar, orang berkunjung di Ebay hanya mempunyai dua tujuan utama, yaitu membeli atau menjual, atau bahkan dua-duanya, menjadi pembeli sekaligus menjadi penjual. Dan bisa dipastikan, traffic pengunjung ke Ebay semakin meningkat dari hari ke hari, begitu pula dengan produk yang diperjual belikan, semakin variatif. Tahukah Anda, ada seorang Ebay seller asal Indonesia, yang berhasil memasarkan permen produk dalam negeri?

Ada berbagai macam cara untuk menjual produk di Ebay, dan dari berbagai macam cara itu 'dropshipping' merupakan cara yang paling murah dan mudah, karena kita tidak perlu memiliki produk ataupun menyetok suatu produk untuk dijual. Mungkin bagi pemula 'dropshipping' merupakan cara belajar yang paling untuk menjadi Ebay seller.

Secara singkat, Dropshipping adalah suatu teknik pendistribusian suatu barang, di mana penjual ( retailer ) tidak perlu menyediakan stok barang-barang yang ia jual, akan tetapi penjual ( retailer/dropshipper ) hanya meneruskan pesanan/pembelian dari customer kepada wholesaler ( penjual grosir ), dan selanjutnya wholesaler mengirimkan barang langsung kepada customer atas nama penjual, dalam arti wholesaler hanya mencantumkan nama penjual tadi dalam pengiriman barang. Keuntungan bagi dropshipper adalah dia bisa membeli dengan harga grosir ( meskipun barang yang dibeli cuma satu ) dari wholesaler, dan bisa menjual dengan harga berapapun kepada pembeli.

Sebagai contoh, saya memasarkan T-shirt dengan harga $10 dari wholesaler asal US, kemudian saya menjualnya di Ebay dengan harga $20 ( wholesaler mematok shipping fee sebesar $4 ). Begitu ada pembeli ( di mana pembeli langsung membayar sesuai dengan harga yang saya cantumkan ), saya langsung mengirimkan pesanan kepada pihak wholesaler, dan selanjutnya wholesaler mengirimkan barang tadi kepada pembeli ( tentunya tanpa mencantumkan harga jual dari wholesaler ).



Namun saran saya, berhati-hatilah dalam memilih-milih wholesaler, pilihlah yang benar-benar mempunyai reputasi yang baik. Untuk daftar-daftar wholesaler luar negeri Anda bisa mengunjungi Dropshipsites.com yang GRATIS, atau GetsellingToday.com yang membayar bulanan. Masih ada lagi beberapa alamat web yang memberikan listing dropship yang recomended, namun Anda harus membayar bulanan yang cukup mahal untuk ukuran orang Indonesia.

Sementara untuk mendapatkan info dropship lokal anda bisa mencari di toko online atau forum-forum lokal untuk mendapatkan info dropship T-shirt seperti yang sudah saya lakukan, Anda bisa mengunjungi forum ini. Atau kalau mau tahu pengalaman para Dropshipper, bisa baca sharing mereka di sini.

Selamat menjadi Dropshipper!

Baca juga ;
GeniusBiz Vs BloggerMalas

16 komentar:

  1. Saya penasaran dengan eBay, apa bisa orang bisa jadi miliuner dari berbisnis di eBay. Dan saya baru melihat istilah Dropshipping ini. Maklum, masih belajar berbisnis di eBay.

    BalasHapus
  2. Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

    BalasHapus
  3. Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

    BalasHapus
  4. Terima kasih untuk tipsnya, saya mau coba semoga juga.

    BalasHapus
  5. menarik nih. sebelumnya saya import sendiri dan jual lokal.

    BalasHapus
  6. Saya cari dibeberapa website dan dapat tipsnya di website ini, terima kasih, mau dicoba oleh saya.

    BalasHapus
  7. Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

    BalasHapus
  8. Saya mau sharing pengalaman saya dg customer dari uk, sy menjual secara dropshipp(bukan di ebay), tp customer sy membayar via paypal yg menggunakan paypal online account manager yg mana berarti uangny belum masuk ke account sy smpai sy membrkn bukti pengiriman, padahal kan sy harus meneruskan pesanannya ke wholeseller, dan sy juga baru dan tdk punya dana kecuali uang dr customer itu krn dia membeli 7 items, mungkin pesanannya batal, bagaimana menurut agan?

    Tolong saran dan nasihatnya buat sy yg newbie ini di alamatkan ke email: wmukaramah29@gmail.com

    Terima kasih

    BalasHapus
  9. Mungkin karena buyer membeli dalam jumlah banyak, maka dia dia menggunakan online account manager. Sebetulnya itu bukan masalah, karena pihak wholeseller biasanya akan memberikan nomor resi pengiriman setelah barang dikirim. Tapi masalahnya, wholeseller anda benar2 bisa dipercaya nggak? mengingat barang yg dibeli jumlah besar. jadi saya sarankan sebelum anda membayar brg pesanan ke wholeseller, sebaiknya cari info dulu, pastikan bahwa wholeseller anda bisa dipercaya.

    BalasHapus
  10. Great info especially for the beginner. I'm planning to be involved in this kind of business. It sounds good.

    BalasHapus
  11. TRIMA KASIH artikelnya sangat bermanfat, saya mau coba

    BalasHapus
  12. Wah.. masih bingung saya... haha... tapi thanks infonya...

    BalasHapus
  13. Baru...bagi saya dan sangat menarik...penasaran sekali dan ingin mencoba, tapi masih bingung..

    BalasHapus
  14. Kalau di blog indonesia efektif gak?

    BalasHapus
  15. Maksud mas Abdi blog indonesia untuk memasarkan produk lokal? Utk efektif tidaknya itu tergantung optimasi blog itu sendiri. Kalau optimasi bagus berarti banyak pengunjung, kalau banyak pengunjung brarti banyak pembeli. Pasar lokal juga prospektif kok, sudah banyak teman-teman kita yang bisa dapat income di atas 10 juta hanya dari pasar lokal.

    BalasHapus
  16. menarik sekali artikel bisnis ebay ini

    BalasHapus