Pages

Jumat, 20 September 2013

Program CPM Sebagai Alternatif Adsense

Sejak tahun 2010/2011 kemarin banyak publisher Google Adsense (GA) asal Indonesia yang terkena banned sepihak dari GA. Tidak sedikit dari mereka yang tiba-tiba kehilangan puluhan ribu dollar ( ratusan juta rupiah bro....). Untung saja saat itu saya sendiri baru mulai belajar GA, jadi earning yang hanguspun tidak begitu banyak jumlahnya.

Setelah kejadian itu, banyak yang mencari-cari alternatif Adsense, karena memang sampai sampai saat ini semua mengakui bahwa harga CPC untuk publisher belum ada yang mampu menandingi GA. Mungkin salah satu PPC yang CPC nya hampir sama dengan GA adalah Chitika, hanya saja Chitika belum sepenuhnya menerima web atau blog yang berbahasa Indonesia. Begitu juga blog yang masih menggunakan media gratisan seperti blogspot, yang masih menjadi idola para blogger lokal.

Kemarin saat saya mengunjungi salah satu forum online terbesar di negeri ini, Ads-id.com, saya menemukan info baru untuk alternatif Adsense, yaitu CpmFun.com. Berbeda dengan Adsense yang menerapkan sistem CPC, CpmFun menggunakan sistem CPM. Lalu apa bedanya?


Program CPM menerapkan sistem Pay per impression, dimana publisher dibayar berdasarkan jumlah tampilan iklan. Jadi meskipun tidak ada klik/lead/sales anda tetap dibayar. Dan yang paling penting menurut saya adalah, CpmFun juga menerima blog yang berbahasa Indonesia dan blog gratisan seperti Blogspot.

Untuk pembayarannya bisa menggunakan Paypal, dengan minimum payout nya sebesar $100. Tapi unuknya, setiap bulan anda bisa me-request pembayaran lebih awal dari yang sudah dijadwalkan, yaitu setiap tanggal 15 setiap bulannya, asalkan earning anda sudah mencapai $100.

Untuk register CpmFun, silahkan klik disini

Sedikit Tips Buat Publisher CpmFun:

1. Untuk langkah awal, coba pasang 1 banner dulu dalam 1-2 hari. Jika tidak ada masalah bisa ditambah 2 hingga 3 banner (dengan ukuran yang berbeda tentunya), bandingkan berapa persentase peningkatannya jika dibandingkan dengan hanya 1 banner. Ukuran banner yang paling besar hasilnya yaitu 728x80, 160x600, 336x280 dan 300x250

2.  Karena CPM, dimana anda dibayar per-impressi, jangan sering2 menampilkan iklan banner anda sendiri dari komputer anda. Atau gunakan adblockplus (adblockplus.org) dan tambahkan cpmfun.com pada list iklan yang tidak ingin ditampilkan dibrowser

3. Peletakan bannernya lebih atas lebih baik

4. Letakkan code-nya di widget/template blog anda langsung, bukan di iframe, dan juga jangan dijadikan alternate ad/house ad iklan lain seperti alternate ads adsense, dll.

5. Kadangkala muncul tanda merah atau kuning di dashboard anda.
Tanda kuning artinya:

- Empty referring page
Tanda merah :
* Ads placed on unapproved website;
* Traffic exchange / surfing / PTC / PTP / iframe traffic;
* Fraudulent traffic detected 

5 komentar:

  1. Ane tidak terlalu paham nih dengan Google Adsense (GA). tapi dengan membaca Artikel ini. ane jadi pengen belajar juga nih.
    kayanya cukup menarik untuk di pelajari .

    BalasHapus
  2. setau saya cpm fun lebih "cocok" bila di pasang ke blog yang membahas game .
    apakah admin tahu berapa impression untuk ip lokal indonesia pada cpmfun ini ?

    BalasHapus
  3. Memang betul, CpmFun lebih cocok untuk web tentang game, tp yang lain juga boleh. Ane nyoba ngajuin toko online fashion juga diterima, tapi cuman dapet e cpm $0.04....

    BalasHapus
  4. Terimakasih infonya mas, mau langsung saya coba

    BalasHapus
  5. Thanks gan infonya.. Ane baru daptar cpmfun kemaren.
    Postingan agam sangat membantu ane yang masih awan dalam dunia adsense.

    BalasHapus